Tips Work From Home yang Efektif dan Tetap Produktif
Share
HomeNet
06 Mei 2023

Ketika bekerja dari rumah, pastikan produktivitas tetap terjaga. Bangun komitmen untuk bekerja serius. Pahami bahwa bekerja dari rumah bukan berarti libur. Tanamkan pola pikir jika kamu hanya pindah tempat kerja menjadi di rumah dan kamu masih memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus diselesaikan seperti saat berada di kantor.
Buat kamu yang sekarang sedang work from home, sebenarnya banyak keuntungan yang bisa didapat salah satunya efisiensi waktu, sebab kita nggak perlu pergi ke kantor dan memakan waktu di perjalanan. Hal ini bisa membuat kamu lebih produktif lagi lo. Biar tetap produktif dan profesional saat harus work from home, cek ulasannya yuk.
1. Responsif dan tetap menjaga koneksi
Biasanya kalau di kantor kita bisa dengan mudah diskusi sesama rekan kerja, tapi karena jarak memisahkan, alhasil komunikasi nggak bisa lagi dilakukan secara langsung.
Karena itu kamu harus bisa memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk terkoneksi dengan rekan kerja lain. Jangan terlalu sering meninggalkan tempat kerja, karena siapa tau ada keperluan mendesak dari atasan yang membutuhkanmu.
2. Buat peraturan dengan orang di rumah
Beri tahu semua anggota rumah kalau kamu sedang work from home. Dengan begitu mereka bisa mengerti dan memahami untuk tidak mengganggu pekerjaanmu.
Beri pengertian pada keluarga, orang tua, anak atau ponakan kamu, bahkan jauhkan diri dari hewan peliharaan yang bisa mengganggu. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari segala aktivitas diluar tanggung jawab pekerjaan.
3. Buat rencana harian
Supaya kerjaan kamu tetap produktif dan efektif kamu harus menyusun rencana kerja setiap hari. Atur dan terapkan jam kerja sama seperti halnya kamu pergi kerja ke kantor.
Lakukan pekerjaan yang menjadi prioritas terlebih dulu. Dengan membuat rencana harian atau to-do-list kamu bisa terhindar dari keinginan melakukan aktivitas diluar pekerjaan. Lakukan jeda saat bekerja dengan berdiri, peregangan ringan, berjalan dan makan siang. Kasih waktu pikiran dan otakmu untuk beristirahat juga ya!
4. Buat suasana kerja yang nyaman
Work from home banyak dilakukan perusahaan selama satu sampai dua minggu, selama itu kamu harus mempunyai tempat kerja sendiri. Lingkungan kerja juga berpengaruh pada produktivitas lo, karena itu buat suasana kerja di rumah yang nyaman. Cari tempat dengan pencahayaan yang baik, nyaman duduk lama dan terhindar dari segala macam gangguan yang memecah konsentrasi.
Contohnya kalau kamu pilih kerja di ruang keluarga pasti akan banyak distraksi seperti tv atau keberadaan anggota keluarga di rumah, jadi lebih baik di kamar sendiri. Oh iya, ingat tempat yang nyaman buat bekerja, bukan untuk santai-santai ya.
5. Ikuti aturan jam kerja yang berlaku
Ketika harus work from home, kamu jadi lebih fleksibel mengatur waktu, tapi keuntungan ini jangan disalahgunakan untuk lepas dari peraturan jam kerja yang berlaku. Ikuti aturan waktu kerja kantor seperti biasa, kamu harus mampu mengendalikan dan mengatur waktu seefektif mungkin. Sulit memang bekerja tanpa pengawasan, tapi perlu diingat kalau kamu punya tanggung jawab untuk diri sendiri dan menyelesaikan tugas yang diberikan tepat waktu. Pastikan juga internet di rumahmu berjalan lancar. Diskusikan pekerjaan dan kendala yang kamu alami ke rekan kerjamu ya.
Buat kamu yang ingin stabil koneksi internetnya yuk #PakaiHomeNetAja.
Kunjungi Blog Lainnya